Sabtu, 24 Juli 2010

The holeman


Drilling engineering merupakan salah satu aspek pendidikan yang ada di jurusan teknik perminyakan. Merupakan salah satu disiplin ilmu yang menggabungkan antara bermacam-macam ilmu dan berkoherensi menjadi satu tujuan untuk membuat lubang yang nantinya berguna untuk mengalirkan fluida hidrokarbon dari reservoir (tempat terakumulasinya minyak/hidrokarbon) ke permukaan, sehingga dapat diolah dan dimanfaatkan oleh jutaan umat manusia di dunia.

Di dalam suatu sistem pemboran, sangat dibutuhkan kerjasama yang sangat tinggi, keberanian dalam mengambil keputusan, ketelitian, keuletan, serta daya juang yang tinggi. Karena melalui aspek pemboran inilah, akan sangat terlihat, bahwa industri perminyakan sangat membutuhkan suatu teknologi yang sangat canggih, serta membutuhkan dana yang besar. Bayangkan, satu operasi pemboran di darat (onshore), sekurang-kurang nya membutuhkan dana sebesar 5 juta dolar US. atau apabila dirupiahkan sekitar 50 milyar. Jauh lebih besar dibanding anggaran belanja suatu daerah di Indonesia.

Tapi disamping itu, menurut penulis, menjadi seorang drilling engineer merupakan suatu tantangan yang tidak ada matinya. Sangat menakjubkan. Benar-benar memacu adrenalin, bertarung melawan suatu hal yang bernama perut bumi, mencoba mengeluarkan isinya, dengan teknologi yang manusia miliki, dan kita tidak tau bagaimana bahaya yang mengancam dari dalam bumi tersebut.

Ada pepatah yang berbunyi bahwa, Hidup adalah suatu pilihan. Begitu juga dengan masa depan. Bekerja sebagai seorang drilling engineer merupakan suatu hal yang menghasilkan uang melimpah selain tantangan yang menakjubkan dan kesempatan untuk berkeliling dunia, bayangkan saja seorang driller dalam waktu sebulan bisa menghasilkan gaji pokok sebesar $9500/4months. Jumlah seperti itu merupakan suatu nominal yang besar kalo kita lihat. Namun jangan salah, Hal itu sepadan dengan resiko yang musti diambil oleh seorang drilling engineer. Iya, Nyawa tentu saja. Kehilangan waktu bersama keluarga, tidak terlalu bebas dalam menikmati uang hasil jerih payah karena tanggung jawab, dsb.

tentu saja semua kembali ke rekan-rekan semua, hidup adalah pilihan, jika anda menyukai tantangan, silahkan menjadi seorang drilling engineer. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar