Minggu, 12 Desember 2010

53 tahun Pertamina di Mata Seorang Mahasiswa




Pertamina merupakan perusahaan yang bergerak di sektor migas terbesar di Indonesia (sedikit dibumbui subjektifitas penulis),tapi banyak alesan mengapa penulis berani mengatakan hal tersebut.

1. Pertamina, dibawah anak perusahaannya, PT. Pertamina EP, merupakan penghasil minyak dan Gas terbesar di Indonesia di urutan kedua. Bahkan dengan rencana mengambil blok sungai mahakam milik salah satu perusahaan terkenal dari perancis dan mencaplok salah satu perusahaan migas milik Arifin Panigoro, Pertamina diprediksi bisa mengambil alih posisi 1 sebagai penghasil minyak menggantikan perusahaan minyak amrik berlogo perisai itu. dan menggantikan perancis sebagai penghasil gas terbesar di Indonesia.

2. Hampir semua SPBU di Indonesia dimonopoli oleh Pertamina, walau dikota kota besar seperti Bandung dan Jakarta kita temui beberapa perusahaan asing yang membuka stasiun SPBU di disana.
3. Pertamina berani melakukan berbagai macam breakthrough seperti salah anak perusahaan Pertamina, Pertamina Hulu Energy (PHE), mengakuisisi seluruh aset offshore yang ada di ONWJ (Offshore North West Java), bukan hanya peralatannya, namun semua sumber dayanya diambil untuk diserap ilmunya. sehingga Pertamina berani melakukan terobosan menggandeng beberapa perusahaan asing untuk melakukan pemboran laut dalam di selat mandar.

Dan masih banyak lagi alesan mengapa penulis berani mengatakan, saat ini baru Pertamina yang dikatakan sebagai perusahaan minyak terbesar di Indonesia saat ini.

Hmm..sudah 53 tahun Pertamina berdiri dan berkedudukan sebagai national oil company (NOC) serta sudah 53 tahun pula menjadi lokomotif perkembangan bangsa.

jatuh bangun perusahaan ini berdiri, yang awalnya menjadi lembaga BUMN yang super power di masa rezim Ibnu Sutowo (Direktur Pertama Pertamina) yang begitu hebatnya menjadikan Pertamina sebagai perusahaan yang merajai bisnis perminyakan di bumi Majapahit ini sekaligus menjadi perusahaan paling kotor pula dimasanya, sampai sampai pria ini dikenal dengan istilah dewa zeus karena kekuasaannya yang hebat, bahkan setingkat menteri di masanya.

Penulis pernah melakukan pembicaraan dengan petinggi BPMigas, Bp. Gerhard Rumeser mengenai sejarah Pertamina ini. Pertamina merupakan perusahaan didikan Belanda, dalam arti kata sejarah berdirinya Pertamina saat itu tidak bisa lepas dari keberadaan salah satu Seven sister besar dunia, yaitu, "Royal Dutch Shell", saat itu, Pertamina merupakan perusahaan yang ama t leader di masa awal pendiriannya.
dari segi technology, pengalaman, dan pengetahuan di bidang perminyakan, bahkan bisa dikata, perusahaan negara tetangga kita pun belum ada baunya.

Namun, kejelekan dari saat itu, mereka terlalu angkuh dalam perkembangan ilmunya, tidak mau meng upgrade atas semua ilmu yang mereka miliki, padahal perusahaan lain berlari mengejar ketertinggalan dari pertamina. Bisa dikatakan bahwa perushaan ini jalan ditempat, perusahaan lain lari.

Seiring berkembangnya jaman, saat ini Pertamina bermetamorfosa menjadi sebuah perusahaan yang besar, mempunyai visi sebagai world class company, selalu meningkatkan semua apa yang selama ini mereka miliki, baik dari segi pengetahuan, pengalaman, dan teknologi. bahkan pertamina tidak segan segan belajar dari perusahaan lain untuk menjadi perusahaan besar dan impian menjadi the new seven sister seperti tulisan saya sebelumnya dapat terwujud. :)

Jujur, dulu banyak orang menganggap remeh pertamina, tapi saat ini, banyak orang memeberikan apresiasi tinggi untuk pertamina, baik orang yang mengerti dunia perminyakan, ataupun yang tidak.

Pertamina selalu meningkatkan performanya seperti dalam slogannya "Pertamina On the Move", memperbaiki semua cara kerjanya bahkan dari hal kecil sekalipun di SPBU.

Pertamina melalui anak Perusahaanya yakni Pertamina Geothermal Energy juga berperan aktif dalam pengembangan energy alternatif dunia. Pertamina tidak mau ketinggalan dalam meningkatkan peran Indonesia sebagai penghasil 40% cadangan panas bumi dunia. Pertamina Geothermal Energy menjadi leader dalam industri geothermal di Indonesia.

Sekali lagi selamat ulang tahun Pertamina, semoga Visimu menjadi World Class Company di tahun 2014 nanti dapat terwujud.

Salam
Muhammad Afif Ikhsani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar