Selasa, 08 Februari 2011

I will work in a weird place, with that glorious coverall :)

Sekarang sudah 3 tahun lebih saya berada di tempat ini, mempelajari sesuatu yang tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang, mempelajari sesuatu yang hanya bisa disimulasikan dan diramalkan, mempelajari sesuatu yang fana.

Iya, hal tersebut bernama reservoir, atau bisa dikatakan suatu tempat terakumulasinya hidrokarbon, gampangnya, reservoir itu tandon (tempat) minyak yang ada di bawah permukaan bumi. Tapi jangan sekali kali membayangkan bahwa di bawah bumi tempat reservoir ini berada, terdapat suatu rongga seperti tandon yang besaaaaar sekali sebagai tempat minyak bumi itu berada, kalo mau membayangkan reservoir itu seperti apa, coba isilah gelas dengan kerikil dan pasir, lalu isi dengan air, air akan ada di sela sela pasir tersebut, hal tersebut karena sifat porositas. Ngerti kan? jadi jangan sekali kali mikir dibawah itu kayak tandon air, dibawah itu memang berongga rongga, bahkan ada yang sampe membentuk cave atau gua. Tapi semuanya terisi fluida, baik itu minyak bumi, air, atau pun gas.

Simplenya gambar reservoir minyak bumi kayak dibawah ini.


tapi ga segampang itu juga, dibawah itu ga sesimple itu, banyak proses geologi yang membuat reservoir ini ada (Petroleum system), pokoke gitu laah, kebanyakan ngebacot nanti malah jadi pelajaran tekres yang notabene ane disini dapat dikatakan ber IQ jongkok, secara ngulang ampe 3 kali. -__-

kayak gini lah gambaran reservoir itu

Hmm, back to topic, Minyak bumi ini nanti akan dapat mengalir ke permukaan bila kita membuat lubang dari bawah permukaan ke atas, intinya kita kudu nge bor nih bumi dulu, baru nanti minyak bakalan ngalir lewat pipa yang kuat banget, namane tubing yang bakal dinikmati oleh seluruh umat manusia sebagai sumber energi mereka.

Iya, namanya orang yang kerja buat ngebikin lubang ini tuh Driller, atau Drilling Engineer, salah satu mimpi yang lagi dirajut penulis (emange kain) selama penulis belajar di Teknik Perminyakan ini.

Jujur, kalo secara lapangan pekerjaan, untuk menjadi Drilling Engineer itu saingane lebih berat dibanding kalo mau jadi reservoir engineer, secara saingan kita dari teknik mesin boy, dan juga jurusan lain yang mau ikut2an main disini, tapi mau gimana2, namanya dunia Oil and Gas itu adalah dunia yang komprehensif, dunia yang tidak bisa hidup dengan satu disiplin ilmu saja, minyak dan gas bumi harus dikembangkan oleh berbagai jenis disiplin ilmu.

Hmm, drilling engineer, merupakan pekerjaan terkotor yang saya anggap ada, seperti yang saya pernah tulis di post saya sebelumnya, pekerjaan ini bisa digambarkan seperti prostitusi, tapi mau bagaimana lagi, hidup adalah pilihan.
Kalau mau gaji diatas rata2 hampir seratus juta sebulan dan menadapat full holiday sebulan pula, dengan sistem on off 4minggu-4minggu, namun harus selalu berhadapan dengan maut dan ditempatkan di tengah hutan yang penuh dengan binatang binatang geje, atau bahkan diletakkan di tengah laut yang sejauh mata memandang hanya ada air dan langit, seolah tak ada ujung dunia, ya jadilah drilling Engineer!

Kalo mau gaji 5 juta perbulan, atau maksimal 10 juta perbulan, berangkat jam 7, pulang jam 4 sore, bisa tiap malam bermesraan dengan istri nya (PLAK!!!), hidup hanya rata rata air, ya kerja sana jadi orang kantoran. Kalopun bisa gaji lebih dari 40 juta ya itu jadi direktur dengan tanggung jawab yang bejibun dan pressure dimana2, banyak yang nusuk dari belakang.

yaah, maka dari itu, hidup adalah pilihan!

Anda memilih tantangan atau hidup normal?
Anda memilih gaji ratusan juta atau jutaan?
Anda memilih tiap hari ketemu istri atau sebulan ketemu bs dipuas2in, sebulan engga?
Anda memilih bs berkeliling dunia, mencicipi semua kuliner dan keindahan alamnya, meski ujung2nya ditempatin di tempat terkutuk seperti tengah hutan bahkan tengah laut, atau memilih ditempatin di kota besar yang bs ngeceng di Mall tiap hari tapi ya gitu gitu aja?
Anda memilih bersinggungan dengan party, atau bersinggungan dengan mati?

Nih liat belakang platformnya, langit ama laut ga ada batasnya -_-

klo jadi driller, agan2 bakal ditaroh di bawah gunung kek gini :p

Ditaruh tengah padang pasir kek gini? hadeeeeh..

Resiko kek gini -__-"

Tapi bisa pulang bawa duit ratusan juta :p

Bisa nimbun duit kayak nih kunyuk :p

yg jelek bisa dapet bini cakep dah WKWKWKWKWK =))

Semua ada pilihannya!

Buat penulis, bukan gaji yang saya kejar, bukan itu yang utama, bukan uang ratusan juta yang saya kejar, bukan kenikmatan dunia dengan buku rekening yang tebal, jujur, saya ga terlalu peduli dengan kenikmatan dunia. lha wong sekarang aja kalo ga ada duit ya saya tetep biasa aja, ga pernah ampe mau mati, masih tetep hidup, jadi ya ada atau gak nya duit, buat saya biasa aja, kecuali nanti buat anak dan istri saya. mereka yang utama. :)
Saya belakangan, yang penting bisa makan.

Tujuan utama saya bermimpi menjadi drilling Engineer adalah bisa memakai baju kebesarannya, make coverall!! Dan alesane, hanya karena ane kayake baka keliatan keren kalo pake coverall, ga ada specific reason dari coverall, hanya karena good looking aja kalo ane make coverall gan! :p

konyol siih, tapi itu memang tujuan ane, slain tujuan utama ane buat keliling dunia, ane lebih milih kerja sebulan, terus libur sebulan tanpa ada yang mengganggu, saya lebih memilih bisa keliling dunia buat bikin lubang dan endingnya ditaruh di frontier area dari pada tiap weekend ke mall.

Yaaah, I love my Job, though i will work in a weird place, but a will wear a glorious coverall. :D

2 komentar: