Rabu, 13 Oktober 2010

Petrofisik 4th week: The Jackpot


Answer this following question!

1. Apa yang dinamakan reservoir? Sebutkan Petroleum system? Sebutkan komponen reservoir? Gambarkan suatu sistem reservoir lengkap beserta isinya dalam antiklin!

2. Apa yang dimaksud dengan petrofisik? Sebutkan apa saja?

3. Apa yang dimaksud dengan coring? Data Petrofisik apa saja yang bisa didapatkan dari coring? Apa bedanya routine core dan Special core? Apa yang didapat dari routine core dan special core analysis?

4. Apa yang dimaksud dengan well log? Data petrofisik apa saja yang bisa didapatkan dari well log? Sebutkan jenis log nya? Cara kerjanya?

5. Jelaskan pengertian pengertian dibawah ini!
a. Saturasi? Metode metode yang digunakan untuk mendapatkan nilai saturasi?
b. Porositas? Ada berapa jenis porositas yang ada? Sebut dan Jelaskan?
c. Critical oil saturation
d. Residual oil saturation
e. Critical gas saturation
f. Critical water saturation
g. Initial water saturation
h. Intergranular porosity
i. Intragranular porosity
j. Pendular rings
k. Funicular
l. Permeabilitas? Bagaimana kita bisa mendapatkannya dan sebutkan faktor yang mempengaruhinya!

6. Tuliskan dan gambarkan bukti bahwa porositas absolute maksimum dari cubic sphere adalah 47.64%? Rhombohedral sekitar 26%? Dan cubic packing sekitar 12.5%?

7. Jelaskan mengenai permeabilitas relatif minyak dalam sistem tiga fasa!

8. Terangkan mengenai apa itu rock compressibility, pengaruhnya terhadap reservoir, dan correlations of compressibility! Gambar bila ada grafik!
a. Hall's corellation
b. Van der Knapp's corellation
c. Newman's corellation

9. Terangkan mengenai apa itu wettabilitas! faktor apa yang berpengaruh dalam wettabilitas dan gambarkan oil surrounding water dropplets!

10. Terangkan apa yang dinamakan Tekanan kapiler dalam batuan reservoir! Apa yang dinamakan entry pressure! Gambarkan grafik Pc VS Sw! Apa itu hysteresis! Terangkan maksud dari grafik itu!

11. Apa yang dimaksud dengan J-Function Capillary Pressure? Apa kegunaan dari dihitungnya J-Function? Tulis rumusnya!

12. Jelaskan mengenai gravel pack dan sandscreen, jelaskan perbedaan keduanya? Gambarkan skema pemasangan gravel pack dan sandscreen lengkap dengan well diagram dari surface sampai TVD! (Tanya senior apa itu well diagram! Gambar lengkap dengan seluruh casing di semua trayek-cased hole)

13. Jelaskan apa itu Acidizing! Mengapa dilakukan Acidizing? Apa itu Skin? Samakah skin dengan scale? Dampak keduanya terhadap permeabilitas? Tulis rumus menghitung skin! Sebutkan dan jelaskan jenis acidizing! Petrofisik yang mana yang berpengaruh terhadap acidizing? Apa hubungan antara dilakukannya acidizing dengan petrofisik?

14. Peralatan untuk mengukur permeabilitas relatif seperti diatas digunakan dalam proses aliran steady-state untuk memperoleh data berikut pada temperatur 70 derajat F
Core
Sandstone
Panjang = 2,30 cm
Daimeter = 1,85 cm
Luas = 2,688 cm2
Porositas = 25,5 %

Fluida
Brine 60.000 ppm
Gravity minyak 40o API
densitas air = 1,07 cp
densitas oil = 5,5 cp

data dari analisa laboratorium:



Gambar kurva permeabilitas relatif vs saturasi air dan minyak!! Ditulis secara benar dan urut mengenai urutan pengerjaan! Terangkan maksud dari grafik K vs Sw tersebut (seperti tugas minggu kemarin)

15. Tuliskan 5 hal yang tidak disukai dalam praktikum Analisa Inti batuan beserta saran! 5 Hal yang tidak disukai mengenai asisten beserta saran! 5 hal yang tidak disukai mengenai tugas mingguan beserta saran! 5 hal yang anda sukai dari praktikum Aib! 5 Hal yang anda sukai dari asisten! dan 5 hal manfaat dari tugas mingguan! Tulis asisten favorit!

16. Tuliskan mimpi anda setelah lulus dari Teknik Perminyakan UPN dalam Bhs. Inggris! Ingin bekerja dimana anda nanti, dan ingin menjadi seperti apa anda nanti! ditulis 350 kata. Ekspresikan dalam tulisan berbahasa inggris!

17. Ditulis di kertas bekas saja. Seperti minggu lalu. Dikumpulkan secara bersama tiap plug, harus ada koordinasi tiap plug! Jangan sampai ada pengumpulan sendiri2! Dikumpulkan ke koord masing2! Harus Ketemu! Hari Senin tanggal 18 Oktober 2010!!

Semoga Tuhan Selalu beserta adek adek semua. Tetap Berusaha. Kita bangun Perminyakan UPN menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar