Selasa, 12 Oktober 2010

TURN OVER!!!! SHOW YOUR ACTION!!!!

Ga tau kenapa rasanya pengen nulis ini,

TURN OVER, and SHOW YOUR ACTION...

mungkin itu bisa dianalogikan dengan seklumit pengalaman saya yang bisa dikatakan luar biasa (hiperbol), benar-benar turn around seperti yang pernah dikatakan oleh Rhenald Kasali, ketua S2 fakultas ekonomi Universitas Indonesia.

Dibutuhkan energi yang besar untuk memutar balik arah yang salah selama ini kemudian meneruskannya dengan perubahan, mengawalnya dan akhirnya menyelesaikan perubahan itu sendiri (Rhenald Khasali : 2005)

Dulu saat saya menginjak kelas XII IPA 1 di salah satu SMA tertua di Kota Solo, saya memproklamirkan diri saya untuk tidak mengambil jurusan teknik sebagai arah yang akan saya ambil di tingkat Universitas.

Namun sungguh, amat sangat berbeda jauh 180 derajat (bukan koprol) dari Mimpi untuk mengenakan jas putih dan membawa alat pengukur detak jantuk yang dikalungkan di leher (udah lupa namanya, ada yang tau?).

Benar benar dunia baru, dunia yang asing, dunia ilmu pasti dengan penulisan hitam diatas putih yang tak terganggu gugat (emang apaan).

Sekitar 3 tahun 4 bulan lalu (i have been counted it), akhirnya aku memutuskan untuk turned around mencoba mundur karena kalah dari keadaan. Bisa dibilang saat itu adalah the worst point in my life, got many things which are crushing my life slowly.

Sempat aku kabur dari rumah untuk menyalahkan diri (namanya aja sok2an), menyalahkan kebodohanku karena aku gagal dalam seleksi massal tingkat nasional yang diikuti ratusan ribu mahasiswa di Indonesia.

Hmm, sempet sih saat itu berencana untuk menunda studi ku satu tahun, mencoba di tahun sesudahnya untuk kembali beradu nasib untuk bisa memakai jas putih yang penuh kebanggaan itu (dulu).

Tapi sungguh, semua itu merupakan kekalahan terbesar dan terbodoh di dunia jika aku tetap melakukan itu. Bahkan lebih bodoh dari kegagalanku menembus tes seleksi yang menyakitkan itu.

Seperti yang Rhenald Kasali bilang, Putar Arah sekarang juga!
Saat itu, aku mencoba memutar arah haluan masa depanku untuk menjadi seorang insinyur, dan mungkin tindakan putar arah ini, sama saja melakukan tindakan yang lebih bodoh dari menunda studi atau gagal di SPMB. Benar benar buta akan dunia baru ini, bahkan ibuku pun berfikir, jika aku masuk dunia ini, aku akan bekerja di SPBU dan mengisi bahan bakar untuk mobil seseorang (benar-benar ga tau apa2).

Iya, Jurusan Teknik Perminyakan, Jurusan yang agak terdengar aneh di telinga masyarakat di kota kelahiranku yang memang sungguh jauh dari kesan sebagai bumi reservoir (tempat terakumulasinya hidrokarbon).
Bisa dibilang gila sih, bakalan masuk di Jurusan Asing yang ga semua orang tau keberadaannya, dengan notabene aku bakalan dicap sebagai orang nomer dua, sebagai pesakitan PTN dan akhirnya memasrahkan diri di PTS, bahkan sodaraku sendiri ada yang meremehkan pilihanku ini (sakit dia itu).

Iya, dan akhirnya setelah dibantu dengan petunjuk-Nya,
aku memilih untuk meneruskan studiku di tempat antah berantah ini, di PTS yang dulu ketika aku tes UM salah satu PTN di jogja lewat didepannya dan bertanya dalam hati, "kampus apaan ini ini? Kok kayak GOR" (sumpah dulu aku ga tau apa nama ne kampus)

Aku kubur dalam dalam semangat untuk mengenakan jas putih itu, menanggalkan mimpi untuk mendapatkan 2 huruf "dr." tepat didepan namaku. Mencoba memutar arah 180 derajat untuk memasuki tempat yang dulu aku sendiri ga ngerti kenapa aku bisa terpikir untuk masuk tempat ini. Atau bahkan ayahku ga ngerti kalau jurusan ini ada. -,-

Benar benar masa masa suram, my first time went out far away from my parents and family, my first time in the 3x3 room lonely, my first time i have crushed with something called destiny.

zzzzzz...benar benar masa yang memuakkan di tempat ini, serasa pengen kabur aja.

Bahkan jika inget saat itu, rasanya pengen kupukuli satu satu, orang yang bikin moodku selalu berubah setiap malam. Karena ga bisa bebas di tempat yang digunakan untuk "belajar".

daaaaan, sudah 3 tahun 4 bulan (i have been counted it i said!)aku mondar mandir dari sudut barat ke timur gedung 3 lantai itu. Hanya untuk tau, bagaimana minyak bumi itu dapat terbentuk, bagaimana menghitung, memperkirakan letak dan keadaannya, serta memikirkan dengan bodoh cara mengambilnya.

namun, dengan keyakinan dan usaha, saya merasa sangat beruntung dibuang untuk masuk ditempat ini, saya tidak takut dulu sodara saya meremehkan saya, saya tidak takut dianggap sebagai pesakitan PTN, saya tidak takut dicap sebagai manusia nomer 2.

karena kami bukan pesakitan, karena kami bukan nomer 2, kami adalah Juara dan kami adalah engineer berkualitas di lapangan. Kami yakin akan semua itu.

saat itu, untuk kesekian kalinya, saat menginjakkan semester 4 di tempat ini, kembali saya memproklamirkan diri untuk tidak akan pernah mengambil Reservoir sebagai technical major saya di Universitas.(Sumpah demi Tuhan yang menguasai hari akhir, ini hanya karena saya merasa sangat idiot di hal ini, serasa sangaaat susaaaaah sekali untuk mempelajari materi ini, bukan karena sok sokan atau apa, saya merasa lemah mental jika menghadapi disiplin ilmu in )

Dan saat ini, detik ini, ketika saya menulis blog ini, saya berencana mengambil Reservoir Enginnering sebagai technical disciplines saya utnuk komprehensif (benar2 ga konsisten). Walaupun begitu, walau saya terlahir sebagai orang yang idiot tidak konsisten seperti ini, saya yakin bahwa saya akan menemukan hal yang lebih menakjubkan dari mimpi saya terdahulu. Lebih fantastis. :)

hmm, sebenarnya yang saya sampaikan diatas itu ga penting, intinya,

"jika kamu memerlukan sesuatu yang fantastik untuk pelayaran mimpimu, putar arahlah haluanmu, terkadang memutar haluan tidak akan membuat kapalmu karam, namun kembali menemukan perairan dan kamu bisa meneruskan kembali pelayaranmu untuk dapatkan mimpi yang lebih fantastis" -Muhammad Afif Ikhsani (2010)


"Jangan takut untuk bermimpi dan memutar arah unuk mendapatkan mimpi yang lebih tinggi dari mimpimu sebelumnya."
-Muhammad Afif Ikhsani (2010)

Semoga Allah bersama kita.

Yogyakarta, 13 Oktober 2010
Di iringi backsound lagunya Ipang yang meraih mimpi.


Acknowledge for All my friends

SIDJIE'07 ( Sekumpulan Individu Djenius Dua Belas IPA Sidjie 2007)
KALIAN ADALAH CALON ORANG TERBAIK DI BIDANG YANG SUDAH KALIAN PILIH!!! TERIMA KASIH SUDAH MENGUBAH SAYA DAN CARA BERFIKIR SAYA!!!


Wildcat TM'07
MARI KITA BERJUANG MENCARI JUDUL KOMPREHENSIF REKAN2 2007!!!!
SELESAIKAN KOMPREHENSIF, TA, dan KITA LULUS BARENG2 OKTOBER 2011!!!

2 komentar:

  1. "jika kamu memerlukan sesuatu yang fantastik untuk pelayaran mimpimu, putar arahlah haluanmu, terkadang memutar haluan tidak akan membuat kapalmu karam, namun kembali menemukan perairan dan kamu bisa meneruskan kembali pelayaranmu untuk dapatkan mimpi yang lebih fantastis" -Muhammad Afif Ikhsani (2010)


    jadi ke inget episodenya spongebob,,
    pas adegan spongebob harus mengendalikan kapal,,hahhahaha

    BalasHapus
  2. Hahahaha..mari berjuang kawan :)

    BalasHapus