Senin, 04 April 2011

Mud Engineer 1st Week: The Appetizer


Peraturan dari permainan ini,
a. Soal ditulis lagi dan dikerjakan dalam kertas A4 baru, dengan margin 4-4-3-3 seperti penulisan laporan pada umumnya.
b. Soal tiap minggu minimal terdiri dari 5 soal, dan maksimal terdiri dari 10 soal.
c. Soal dilarang dikerjakan secara individu pribadi, dikerjakan secara kelompok, dengan diskusi per plug, apabila ada yg tidak ikut berdiskusi, mohon dilaporkan ke koordinatornya masing masing.
d. Jawaban per plug boleh sama tiap anggotanya, namun tidak boleh sama dengan plug lain analisanya. Apabila ada anggota plug yang tidak bisa memjawab ketika koordinator plug memberikan pertanyaan, maka satu plug akan kena dan habis.
e. Referensi dapat dicari dari internet, buku buku yang ada di perpustakaan (Burgoyne, Neal Adam) dan TA TA tentang hidrolika lumpur pemboran atau TA tentang perhitungan kapasitas Rig.
f. Jawaban dikumpulkan hari jumat pukul 10.00 ke koordinatornya masing masing. Bagi yang tidak mengumpulkan, satu plug dilarang mengikuti praktikum di minggu berikutnya.
g. Semoga tugas tugas ini dapat bermanfaat untuk adek adek semua. :)



1st Week Assignment: The Appetizer
1. Sebutkan 10 fungsi dari lumpur pemboran! Terangkan masing masing fungsi dari lumpur pemboran tersebut ketika ada di lapangan beserta sifat fisik apa yang berperan dalam fungsi lumpur pemboran tersebut! Kenapa harus sifat fisik itu yang berpengaruh? Bagaimana bisa? Terangkan dengan gambar, kalo perlu dengan perhitungan.

2. Gambarkan well program beserta keterangannya, di rig systemnya, mulai dari circulation systemnya, sampai condotioning area. Digambar beserta rig, drill string yang ada di dalam bore hole, dan gambar arah aliran lumpurnya.

3. Terangkan hubungan antara kick, lost circulation, dan blow out! Bagaimana cara mengatasinya? Bisa tidak terjadi lost circulation tanpa kick? atau sebaliknya? Indikasi apa saja yang menunjukkan peristiwa tersebut? Sebutkan dengan lengkap beserta gambar.

4. Sebutkan rumus tekanan hidrostatis lumpur pemboran! Bagaimana bisa didapatkan 0.052? Terangkan penurunan rumusnya?

5. Kejadian blow out di sumur Banjar Panji #1 di porong Sidoarjo merupakan kesalahan dalam proses pemboran, yakni karena adanya salah satu trayek yang tidak di casing, salah satu skenario pembunuhan sumur adalah dengan injection lumpur berdensitas tinggi, terangkan skenario skenario pematian semburan di Porong tersebut. Dan seberapa penting lumpur pemboran dalam setiap skenarionya.

6. Berapa banyak 100 lb. sacks barite yang dibutuhkan untuk menaikkan densitas dari 1200 bbl. mud system dari 11.5 ppg ke 12.5 ppg?

7. Pernah menonton film Armageddon? Di adegan awal, di Rig milik Harry Stampler (Bruce Willis), Di Rig Stampler Oil Corporation tersebut, terjadi gangguan saat Ben Affleck melakukan proses pemboran, terjadi goncangan, lalu keluar fluida yang keluar hingga muncrat ke permukaan. Jelaskan analisa anda, apa yang terjadi di peristiwa tersebut! Kenapa bisa sampai muncrat? Terangkan dengan gambar, kenapa dalam proses pemboran di film tersebut bisa sampai keluar ke permukaan? Menembus lapisan apa misalnya? Terangkan!

8. Untuk melakukan pemboran suatu sumur, diperlukan berat lumpur 11,0 ppg. Pada saat ini sudah tersedia lumpur 85 Bbl dengan berat 10,0 ppg. Untuk memenuhi seluruh circulation system, apa yang harus anda lakukan? (Asumsi SG barite=4.2)

9. Jangan Lupa berdoa dalam mengerjakan tugas mingguan ini, dikerjakan selengkap lengkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar