Sabtu, 09 April 2011

What a loveable appetizer!



Sebenernya hampir semua jawaban keren, analisa udah oke pake banget, cuma perlu banyak membaca, searching, browsing, ato apalah, untuk nambah pengetahuan. Tapi saya salut ama kemampuan analisa kalian, sudah lebih baik daripada saya dulu. :)

Ini kunci hanya sebagian, dan belum tentu ane bener, kalo saya salah, samperin saya, saya siap koreksi :)

Ini emang keliatan dikit, soale cm saya ambil poin2nya aja, punya kalian udah bagus pake banget.

1. Untuk fungsi lumpur sendiri, semuanya sudah benar, dipelajari baik baik, terus diingat, dan inshaAllah nanti akan bermanfaat. Tapi sedikit overview yee..ini jawabannya:
a. Mengontrol tekanan formasi.
b. Membantu stabilitas formasi.
c. Melindungi formasi produktif.
d. Membersihkan dasar lubang bor.
e. Mengangkat cutting ke permukaan.
f. Mendinginkan dan melumasi pahat.
g. Sebagai media logging.
h. Menahan beban rangkaian drillstring.
i. Meningkatkan ROP dan WOB pada drillbit.
j. Memberikan mud cake pada dinding bor sebagai bantalan drillstring.

2.

3. Hubungan lost circulation, kick, ama blow out udah sering saya bahas di praktikum, alasan alasan dan penyegahannya pun sudah, Intinya, lost circulation akan menyebabkan lumpur hilang ke formasi, dan menyebabkan tekanan hidrostatik berkurang, kenapa berkurang? karena lumpur menghilang dan kolom fluida turun, karena rumus PH=0.052xDensityxKedalaman , PH < P Formasi menyebabkan Kick, ga tahan bakal Blow out. Solusi: Push lumpur low density, jgn biarkan borehole kosong, trs kasih LCM/plug cement kalo keterlaluan.

4.

5. Kalo mau tau tentang Lapindo Brantas, klik ini Banjar Panji-1

6. jawaban:
Sack x per 100Bbl=((1470)x(12.5-11))/(35-12.5) = 65.33
Untuk 1200Bbl jumlah sack yg dibutuhkan = 65.33x12 = 784 sacks

7. Kalo menurut analisa saya pribadi, di tuh film bentuknya kick, kenapa bisa terjadi kick? Karena tekanan hidrostatik lebih kecil dari pada tekanan formasi, kenapose bisa kek gitu? ada beberapa asumsi saat A.J. (Ben Affleck ngebor)
a. Saat dia memaksa drilling terjadi lost
b. Dia ketemu kantung gas yg nyebabin viskositas turun-->densitas bakal ikut turun, akhire keluar kick gitu, dan naasnya itu di lapisan produktif.

8. Jawaban:
Ws= ((684)x(11-10))/(35.8-11)= 27,58
85 x 27.58 = 2344.3 Kg Barite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar