Minggu, 24 April 2011

Were we born as a mud engineers?

Kunci jawaban minggu ini tentang swab and surge pressure aja yee :P
yang lain soale dah bener semua, dan slide jawabane ada di septian christiantoro, minta langsung ke dia. Mu di uplod ke 4shared gagal terus soale.

Disini saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai responsi dan soal soal pre-test dari praktikum minggu terakhir.

1. Praktikum minggu terakhir adalah mengenai oil base mud, HPHT fiter press, sama rolling oven.

2. Akan diberi kesempatan buat re-practice alat2 praktikum sebagai persiapan responsi.

3. Responsi akan dilakukan 2 jenis ujian, praktek dan teori. Ujian praktek akan dilakukan 1 minggu, dimulai setelah ujian UTS. Dengan jadwal sesuai jadwal praktikum. Di hari sabtu/minggunya akan dilakukan ujian tertulis secara serentak. Info lebih lanjut tunggu mas admin.

4. Jenis ujian praktek akan berbeda dengan praktikum2 sebelumnya. Nantinya akan ada kombinasi dari teori dan praktek sebagai seorang mud engineer.
Misal: Kita minta dibuatkan lumpur dengan densitas 9.2 ppg! Cari sendiri formulanya, berapa barite yang dibutuhkan untuk mencapai 9.2 ppg (ada di tugas mingguan caranya). Atau soal praktek bisa seperti ini, Tekanan formasi lumpur 1250 Psi, buatkan lumpur yang bisa mencegah terjadinya kick maupun loss circulation.

5. Untuk ujian tertulis soal terdiri dari 100 buah dan dikerjakan dalam 2 jam. waktu dan tempat menyusul.

6. Soal2 pre-test minggu depan akan diambil dari soal2 mingguan, jadi belajar semua yaa.

7. Untuk tugas mingguan, buat makalah 1 lembar full tulisan mengenai kasus blow out di Horizon, gulf of mexico, kirim via email ke afif_vincent_bagus@yahoo.co.id dalam bentuk word, tampilkan foto2 rig yang blow out, dan ulas mengenai cara penanggulangannya dari sudut pandang seorang mud engineer. Lampirkan foto 1 plug, nanti ulasan terbaik+foto 1 plug akan saya tampilkan di blog saya dan dapet nilai tugas mingguan 90. Selama ini, nilai tugas mingguan maksimal hanya 80. :p yang gak ngumpulin nilai praktikum terancam maksimal B. Dikumpulkan maksimal Jumat, 29 April 2011 pukul 00.00 WIB. Yang telat mati lah :p.

8. Ada pertanyaan langsung hubungi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar